17 Musisi Indonesia Telah Usai Gelar Konser Kemanusiaan untuk Gaza, Terkumpul Dana Rp470 Juta!

Keadaan memprihatinkan masih menimpa rakyat Palestina, akibat bombardir dari Israel yang tak kunjung usai. Mengutip detikcom, sejak 7 Oktober-15 Desember telah tercatat hampir 19 ribu orang tewas, dengan mayoritas korban perempuan dan anak-anak.

“Sekitar 18.800 warga Palestina, 70% di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, meninggal di Gaza antara 7 Oktober hingga 15 Desember,” kata Kementerian Kesehatan Palestina dalam keterangan di Ramallah.

Perang hebat ini telah menyorot perhatian masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Berbagai bentuk bantuan terus disalurkan, demi membantu meringankan beban masyarakat Gaza.

.Feast di Konser Kemanusiaan untuk Gaza/ Foto: Instagram.com/ffeastt

Turut prihatin dengan kondisi ini, 17 Musisi Indonesia bersatu menggelar Konser Kemanusiaan untuk Gaza. Acara ini berlangsung selama 7 hari kerja, pada 21 November-13 Desember 2023, di M Bloc Live House Jakarta.

Musisi yang tergabung adalah Bin Idris, Danilla, David Bayu, Efek Rumah Kaca, Endah N Rhesa, .Feast, Kelompok Penerbang Roket, Kunto Aji, Lomba Sihir, Mustache and Beard, Seringai, SORE, The Adams, The Brandals, The Panturas, White Shoes and Couples Company, dan The Jansen. 

Para Musisi Tanah Air ini bersatu dalam misi solidaritas untuk rakyat Palestina yang terpenjara. Mereka tampil memberikan penampilan terbaiknya dengan sukarela. Yap, dalam acara ini 17 Musisi Indonesia yang tampil tidak dibayar sepeser pun! Begitu pun dengan tim produksi acara. 

Namun, pengunjung yang menonton konser wajib donasi kehadiran sebesar Rp100.000, sekaligus sebagai bentuk booking acara, melalui @loketcom. 

Konser Kemanusiaan untuk Gaza Telah Usai, Terkumpul Rp470 Juta!
David Bayu di Konser Kemanusiaan untuk Gaza

David Bayu di Konser Kemanusiaan untuk Gaza/Foto: Instagram.com/davidbayudj

Akhirnya, pada 13 Desember 2023 Konser Kemanusiaan untuk Gaza telah usai digelar. 

Dibuka pada Selasa (21/11) oleh penampilan dari Efek Rumah Kaca, Bin Idris, dan David Bayu, acara ditutup dengan Lomba Sihir dan The Adams, pada Rabu (13/12/2023). 

Setelah Konser Kemanusiaan untuk Gaza usai, tibalah di puncak acara, yakni film screening, talkshow, sekaligus penyerahan hasil donasi, pada Jumat (15/12) kemarin.

Total donasi Konser Kemanusiaan untuk GazaTotal donasi Konser Kemanusiaan untuk Gaza/ Foto: Instagram.com/mblocspace

Melansir Instagram @mblocspace, dalam kesempatan ini, hadir Muammar Milhim (Sekretaris Kedubes Palestina untuk Indonesia), Usman Hamid (Direktur Amnesty International Indonesia), Bagus Hendraning Kobarsih (Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI), serta Kartika Jahja selaku direktur Institut Ungu dan perwakilan musisi perempuan. 

M Bloc Foundation secara resmi menutup beragam rangkaian aksi solidaritas dengan melakukan penyerahan hasil donasi secara simbolik ke Kedubes Palestina. 

[Gambas:Instagram]

Ternyata, selama rentang 21 November-13 Desember 2023, aksi solidaritas ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp470.799.814 dari konser, t-shirt, piringan hitam, artwork, hingga donasi non-konser. 

Jumlah tersebut merupakan 100% hasil donasi pengunjung M Bloc Space yang sebelumnya ditampung oleh rekening bank M Bloc Foundation (Yayasan Radar Budaya Kreatif).

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)