10 Penyebab Tidak Terduga yang Bikin Kulit Kamu Jadi Kering

Meskipun kulit kering biasanya dikaitkan dengan faktor seperti cuaca dingin, sinar matahari berlebihan, atau penggunaan produk perawatan kulit yang salah, namun ada juga faktor-faktor lain yang mungkin tidak kamu sadari.

Melansir Everyday Health, berikut sepuluh penyebab tidak terduga yang bikin kulit kamu kering. Simak apa saja yang menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga kamu dapat memberikan langkah-langkah yang tepat dalam merawatnya.

1. Wewangian Membuat Kulit Iritasi

Wewangian / Foto: pexels.com/Mareefe

Produk dengan bahan yang mengandung wewangian cenderung mengiritasi dan membuat kulit kering, jadi hindari produk perawatan kulit yang mengandung pewangi. Kamu bisa memeriksa daftar bahan dengan tulisan “free fragrance” atau bahan tanpa wewangian apa pun.

2. Sabun yang Kurang Tepat dapat Menyerap Kelembapan dan Menyebabkan Kulit Kering

Ilustrasi sabun / Foto: pexels.com/micheilecom-__-visual stories

Biasanya sabun, deterjen, dan sampo yang dijual di pasaran dapat mengurangi kelembapan kulit karena diformulasikan untuk menghilangkan minyak. Jadi, kamu harus lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih sabun yang kamu gunakan. 

3. Genetik

Genetik / Foto: pexels.com/Pixabay

Melansir Everyday Health, peneliti menyebutkan bahwa kulit kering bisa diturunkan. Mutasi pada gen yang mengontrol produksi protein filaggrin yang berperan dalam membentuk dan menghidrasi skin barrier dapat mempengaruhi kondisi kulit. 

Jika kamu selalu memiliki kulit kering atau beberapa keluarga kamu mengalami hal yang sama, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap setiap hari.

4. Air Keras

Air keras / Foto: pexels.com/Steve Johnson

Jika air keran mengandung mineral dengan konsentrasi tinggi seperti magnesium dan kalsium, maka air tersebut disebut air sadah atau air keras. Mineral tersebut dapat meninggalkan lapisan yang menyebabkan kulit kering

Logam berat mengubah minyak pada kulit menjadi zat kental yang menyumbat kelenjar, memperburuk kondisi dan mencegah pelembab terserap ke dalam kulit.

Kamu dapat mengatasinya dengan memasang filter air keran dapat atau menggunakan skincare yang mengandung vitamin A dan C yang membantu melawan lapisan yang disimpan oleh air sadah.

5. Obat Jerawat dan Retinol Mempercepat Pergantian Sel dan Menyebabkan Kulit Kering

Obat jerawat / Foto: pexels.com/Anna Nekrashevich

Asam salisilat sangat bagus dalam mengobati jerawat, tetapi juga dapat membuat kulit kamu kering. Selain asam salisilat, retinol juga membuat kulit kering yang melonggarkan hubungan antar sel di permukaan kulit.

6. Udara Kering Dapat Meningkatkan Gejala Kulit Kering

Udara kering / Foto: pexels.com/Leeloo Thefirst

Tidak hanya di luar ruangan, udara di dalam ruangan juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Udara yang panas dan kering dapat menurunkan tingkat kelembapan dan membuat kulit terasa kering dan gatal.

7. Terlalu Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan / Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch

Terlalu sering mencuci tangan dapat menyebabkan kulit kering dan juga iritasi. Untuk mengurangi efek kulit akibat cuci tangan, kamu dapat menggunakan air hangat dan pilih sabun yang melembapkan. Kemudian jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan lembut.

8. Terlalu Lama Mandi Air Panas

Mandi air panas / Foto: pexels.com/Yan Krukau

Mandi  atau berendam dalam air dengan suhu tinggi dalam waktu yang lama dapat mengeringkan kelembapan kulit. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa membatasi mandi tidak lebih dari lima menit dan menjaga suhu air tetap hangat.

9. Penuaan

Penuaan / Foto: pexels.com/Ivan Samkov

Kulit kering cenderung menjadi masalah seiring bertambahnya usia. Orang dewasa yang berusia 40 tahun atau lebih berisiko lebih tinggi mengalami kulit kering. 

Gunakanlah pelembab yang mengandung ceramide, hyaluronic acid, dan petrolatum. Bahan-bahan ini membantu mengembalikan kelembapan yang hilang dan dengan cepat memperbaiki skin barrier.

10. Kondisi Medis Tertentu

Indikasi medis / Foto: pexels.com/

Masalah kulit seperti psoriasis dan eksim dapat membuat kulit lebih rentan terhadap kekeringan. Namun kulit kering juga bisa mengindikasikan suatu kondisi lain, seperti diabetes, penyakit tiroid, penyakit ginjal, malnutrisi, atau yang lainnya.

Jika kulit kamu kering terus menerus, waspadai area yang meradang, atau jika kulit menjadi keras, ada rasa gatal yang hebat, hiperpigmentasi, dan bercak kasar atau bersisik, maka kamu bisa mengunjungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut. 

Itu dia 10 penyebab kulit kering yang sering tidak kita sadari. Jika kulit kering sudah mengganggu keseharian kamu, jangan lupa untuk segera ke dokter ya, Beauties!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)