10 Kalimat yang Perlu Dihindari Agar Pesan Kamu Tersampaikan dengan Jelas

Ketika berkomunikasi, kejelasan pesan adalah kunci utama untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh penerima. 

Adakalanya, penggunaan kalimat-kalimat tertentu dapat merintangi kejelasan pesan kita. Berikut kita akan membahas 7 kalimat yang perlu dihindari agar pesanmu tersampaikan dengan jelas. Apa saja ya, Beauties? Simak! 

1. “Mungkin” atau “Seharusnya”

Kalimat yang perlu dihindari agar pesanmu tersampaikan dengan jelas/Foto: Freepik/benzoix

Menggunakan kata-kata yang ambigu seperti “mungkin” atau “seharusnya” dapat membuat pesanmu terdengar tidak pasti. Sebaiknya gunakan kalimat yang lebih tegas untuk menghindari kebingungan.

2. “Saya pikir” atau “Menurut saya”

Meskipun memberikan sudut pandang pribadi penting, terlalu sering menggunakan frasa ini dapat meragukan kepercayaan diri. Cobalah untuk menyampaikan pendapat tanpa menyisipkan kata-kata yang meragukan.

3. “Apa pun” atau “Segalanya”

Frasa seperti “apa pun” atau “segalanya” dapat menyebabkan ketidakjelasan karena tidak memberikan batasan atau detail yang cukup. Tentukan hal-hal dengan lebih spesifik untuk menghindari interpretasi yang salah.

4. “Tidak apa-apa”

Kalimat yang perlu dihindari agar pesanmu tersampaikan dengan jelas//Foto: Freepik/benzoix

Sebuah pernyataan yang terkesan santai ini bisa menutup peluang untuk diskusi lebih lanjut. Jika ada masalah atau kekhawatiran, lebih baik menyampaikannya dengan cara yang lebih terbuka. 

5. “Saya tidak yakin”

Ungkapkan keraguan dengan lebih spesifik. Jelaskan alasannya agar penerima pesan dapat lebih memahami konteksnya.

6. “Saya coba” atau “Saya lihat”

Kalimat seperti ini memberi kesan bahwa tindakan belum pasti dilakukan. Lebih baik menyampaikan tindakan yang konkret dan jelas. 

7. “Tidak bisa”

Kalimat yang perlu dihindari agar pesanmu tersampaikan dengan jelas//Foto: Freepik/benzoix

Sebisa mungkin, berikan alternatif atau solusi ketika menghadapi kendala. Kata “tidak bisa” tanpa penjelasan lebih lanjut dapat meninggalkan kesan negatif.

8. “Kurang lebih” atau “Seperti”

Hindari penggunaan kata-kata yang memberikan ruang untuk interpretasi yang berbeda. Berikan informasi dengan jelas dan tepat. 

9 “Bisa jadi” atau “Mungkin saja”

Frasa ini menambahkan ketidakpastian pada pernyataan. Jika memungkinkan, sampaikan informasi dengan pasti.

10. “Entahlah”

Penggunaan kata ini bisa menciptakan ketidakjelasan dan kurangnya komitmen. Sebisa mungkin, berikan jawaban yang lebih tegas.

Dengan menghindari kalimat-kalimat di atas, pesanmu akan lebih mudah dipahami dan mengurangi risiko kesalahpahaman. Jaga kejelasan komunikasi untuk mencapai pemahaman yang optimal dalam setiap interaksi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)