10 Contoh Resolusi Tahun Baru 2024 yang Cocok untuk Usia 20-an dan Mudah Dijalankan

Tahun baru 2024 baru saja berganti nih. Salah satu tradisi yang tak boleh terlewatkan saat pergantian tahun adalah membuat resolusi agar menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Terutama bagi para anak muda usia 20-an, pastinya masih banyak mimpi dan cita-cita yang ingin dicapai.

Kira-kira apa saja contoh resolusi tahun 2024 yang bisa kamu lakukan, ya? Nggak perlu resolusi yang buat kamu sulit menjalankannya. Mulailah membuat resolusi sederhana, namun tetap bisa membantu kamu untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan di tahun baru ini.

Berikut contoh resolusi tahun baru 2024 untuk usia 20-an yang mudah untuk diwujudkan. Simak infonya!

1. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat/ Foto: Freepik.com/schantalao

Nggak perlu resolusi yang muluk-muluk, Beauties bisa memulainya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dari tahun sebelumnya. Kalau di tahun kemarin kamu gemar mengonsumsi makanan cepat saji, tidak produktif dan sering sakit, nah di tahun baru kamu bisa membuat resolusi ini untuk dilakukan.

Untuk mewujudkan resolusi ini juga cukup mudah, Beauties bisa mulai dari rutin berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu, berhenti merokok, mengurangi makanan cepat saji dan berminyak, serta menghindari begadang.

Resolusi ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang berusia 20-an agar bisa hidup lebih sehat dan bahagia di tahun 2024 ini. Semangat!

2. Menabung

Menabung/ Foto: Freepik.com/jcomp

Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena tidak rajin menabung sejak awal. Untuk memiliki keuangan yang lebih baik di tahun baru, Beauties bisa mulai menganggarkan keuangan dengan baik agar tabungan kamu terarah.

Kalau tahun kemarin kamu masih boros dan banyak menghabiskan uang untuk sesuatu yang kurang penting, di tahun baru ini bisa mulai membatasi pengeluaran sesuai kebutuhan. Terutama untuk pengeluaran sehari-hari, Beauties bisa uraikan anggaran kasar dan membatasinya. Sehingga kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

Nah, mumpung masih muda dan semangat bekerja masih tinggi, Beauties bisa juga mencari pemasukan sampingan untuk menambah tabungan. Misalnya menjadi freelancer, afiliator, atau membuka usaha online shop.

3. Disiplin Soal Pengeluaran

Disiplin soal pengeluaran/ Foto: Freepik.com/wirestock

Salah satu kunci keberhasilan finansial ternyata bergantung pada manajemen arus kas. Mulailah kebiasaan untuk lebih disiplin terhadap biaya pemasukan dan pengeluaran secara rutin. Hal ini bertujuan untuk kamu bisa memahami kemampuan menabung dan investasi ke depannya.

Ada berbagai metode yang bisa dilakukan untuk memeriksa arus kas pribadi agar tetap berjalan lancar. Beauties bisa menghitungnya secara manual, maupun melalui spreadsheet atau aplikasi yang ada di ponsel.

4. Belajar Investasi

Investasi emas/ Foto: Freepik.com/wirestock

Usia 20-an menjadi usia yang ideal untuk memulai berinvestasi untuk mencapai tujuan finansial yang stabil di masa depan. Investasi tak harus berawal dari modal yang tinggi, Beauties bisa memulai dari modal yang kecil.

Untuk mencapai tujuan finansial yang nominalnya besar dan jangka panjang, kamu bisa mulai belajar investasi yang minim risiko, seperti deposito berkala, reksa dana, atau emas.

5. Meningkatkan Kemampuan Diri

Belajar bahasa asing/ Foto: Freepik.com/rawpixel-com

Resolusi sederhana namun tetap bermakna yang cocok dilakukan usia 20-an adalah membuat diri lebih produktif dan menambah kemampuan diri. Salah satunya, Beauties dapat meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki sebelumnya atau belajar hal baru yang diminati.

Beauties bisa mulai dengan belajar bahasa asing, editing video atau foto, belajar memasak, dan mengikuti seminar atau pelatihan khusus yang bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan diri. Pastikan juga skill yang kamu tingkatkan sesuai dengan apa yang kamu inginkan agar bisa bermanfaat dan terasa lebih menyenangkan.

6. Miliki Waktu Tidur yang Baik

Miliki waktu tidur yang baik/ Foto: Freepik.com/gpointstudio

Hal sepele yang sering kali diabaikan oleh orang-orang di usia 20-an adalah memiliki waktu tidur yang baik. Memiliki waktu tidur yang baik dan nyenyak nyatanya bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh dan jantung.

Di tahun baru ini, cobalah untuk mempunyai waktu tidur yang cukup, yaitu enam sampai delapan jam di malam hari. Selain itu, kurangi konsumsi kafein dan penggunaan ponsel menjelang waktu tidur agar tubuh bisa kembali fit di esok hari.

7. Memperbaiki Ibadah

Memperbaiki ibadah/ Foto: Freepik.com/freepik

Berkeinginan memperbaiki kualitas hidup, maka kamu harus memperbaiki ibadah secara lahir dan batin. Di tahun baru ini, Beauties bisa membuat resolusi mengenai akhlak dan ibadah agar hidup lebih baik.

Bukan cuma rajin beribadah, Beauties juga harus memperbanyak sedekah dan amal, serta berbakti kepada orang tua. Memperbaiki ibadah dapat membuat hidup kamu perlahan berubah jadi lebih baik dan mendapat ketenangan.

8. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga/ Foto: Freepik.com/freepik

Jangan lagi malas berolahraga! Tahun baru menjadi waktu yang tepat untuk kamu berkomitmen agar lebih rajin berolahraga. Selain baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, rutin berolahraga juga bisa membantu kamu lebih semangat beraktivitas dan tidur nyenyak di malam hari, lho.

Luangkan waktu setidaknya 20-30 menit setiap hari untuk berolahraga ringan. Biar olahraga kamu tidak terasa membosankan, kamu bisa sembari mendengarkan lagu. Jadikan resolusi kamu ingin rajin berolahraga jadi lebih menyenangkan.

9. Jadi Orang yang Lebih Positif

Jadi orang yang lebih positif/ Foto: Freepik.com/halayalex

Ingin hidup lebih bahagia dan menyenangkan di tahun 2024? Mulailah dari kamu. Energi positif yang ada pada diri kamu dapat membuat orang-orang disekeliling kamu merasa gembira.

Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang positif dan suportif agar bisa menginspirasi kamu. Batasi pengaruh negatif atau perlakuan toxic dari orang lain yang bisa memengaruhi kamu.

10. Perbanyak Waktu Bersama Keluarga

Meluangkan waktu bersama keluarga/ Foto: Freepik.com/freepik

Tak ada salahnya memasukkan list buat lebih banyak waktu bersama keluarga dalam resolusi tahun barumu kali ini. Terkadang, di usia 20an menjadi momen kamu disibukkan oleh pekerjaan atau terhalang karena harus merantau jauh ke luar kota atau luar negeri.

So, mulai tahun ini, cobalah untuk memperbanyak waktu bersama keluarga untuk sekedar mengobrol atau makan malam bersama. Jangan sampai karena sibuk dengan kegiatanmu, kamu malah jauh dari keluarga, dan menyesal di kemudian hari karena banyak melewatkan momen bersama keluarga.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)