10 Aturan Tidak Tertulis Saat Menginap di Hotel yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Setiap penginapan tentunya memiliki aturan masing-masing yang di mana para tamu harus mematuhi peraturan tersebut. Tidak semua peraturan tersebut dijelaskan melalui tulisan, tetapi ada juga yang tidak tertulis.

Di mana para tamu harus memahaminya, jika tidak, maka tamu akan menerima konsekuensi baik teguran, denda, atau pun berhubungan dengan pihak berwajib. 

Melansir dari laman Reader’s Digest dan Smart Travelling para tamu harus mematuhi peraturan yang terdapat di hotel. Jika tamu tidak mengetahui, tamu disarankan untuk bertanya terlebih dahulu kepada pihak hotel, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

1. Tidak Membawa Pulang Perlengkapan Kamar Hotel

Ilustrasi perlengkapan kamar hotel/ Foto: pexels.com

Banyak dari kita yang gemar membawa pulang perlengkapan kamar mandi seperti, sabun, sampo, pasta dan sikat gigi. Tetapi, ada beberapa perlengkapan yang tidak boleh dibawa pulang oleh tamu, seperti jubah mandi, hair dryer, seprei, bantal, dan guling.

“Terkadang ada juga beberapa tamu yang membawa pulang jubah mandi, yang mana itu tidak boleh” ujar Fotografer dan Travel Blogger, Ryazan Tristram, dikutip dari Reader’s Digest.

2. Memasak di di Dalam Kamar

Jika kamu enggan beranjak dari kamar hotel untuk makan siang atau pun makan malam, kamu dapat menghubugi layanan pemesanan makan dan minum di kamar atau room service.

Apabila kamu memasak di dalam kamar, resiko terjadi kebakaran sangat besar dan alarm kebakaran akan berbunyi, sehingga dapat mengganggu tamu lainnya. 

3. Memecahkan Barang Milik Hotel

Memecahkan barang di hotel dapat saja terjadi. Namun, ada baiknya kamu langsung memberi tahu pihak hotel, agar dapat segera dibersihkan. Bahayanya jika kamu menyembunyikan serpihan beling tersebut, akan melukai staff hotel saat membersihkan kamar. 

4. Membuka Pintu Kamar Mandi

Hampir semua kamar hotel memiliki fasilitas water heater, sehingga tamu dapat menikmatinya. Water heater yang berasal dari shower dapat menimbulkan uap. Ketika kamu membuka pintu kamar mandi, maka akan mengakibatkan bunyi alarm kebakaran yang berasal dari uap water heater tersebut. 

5. Meninggalkan Barang Berharga di Dalam Kamar Hotel

Handphone (HP)/Foto: Pexels/PhotoMIX CompanyIlustrasi barang berharga/Foto: Pexels/PhotoMIX Company

Jika kamu ingin berpergian, sebaiknya jangan meninggalkan perhiasan, dompet, dan handphone. Kecuali kamu sudah menyimpannya di dalam brankas yang disediakan oleh pihak hotel. Jika barangmu ada yang hilang, segeralah hubungi pihak hotel. 

6. Membawa Hewan Peliharaan

Ilustrasi Hewan Peliharaan Pergi Menginap di Hotel / Foto: Pexels.com / Anete Lusina

Aturan selanjutnya ialah membawa hewan peliharaan. Tidak semua penginapan mengizinkan tamunya membawa hewan peliharaan. Jika kamu ingin membawa hewan kesayanganmu, ada baiknya kamu mengonfirmasi kepada petugas hotel terlebih dahulu. 

7. Tidak Menjaga Data Pribadi

Ilustrasi Mengirim Data Menggunakan Wifi Hotel / Foto: Pexels.com / Castorly Stock

Hampir semua penginapan dilengkapi dengan fasilitas wifi. Jika kamu ingin mengirim pesan penting, baiknya hindari menggunakan fasilitas ini. Menurut wakil presiden VPN menjelaskan “tidak seorang pun boleh mengirim informasi sensitif apapun atau melakukan bisnis penting melalui wifi hotel,” ujarnya dari Reader’s Digest.  

Hal ini berpengaruh pada data penting pribadi dapat diretas, melalui wifi yang disediakan hotel. 

8. Tidak Membuka Pintu Kamar

Ilustrasi Pintu Kamar Hotel Terbuka / Foto: Pexels.com / Adrienn

Melansir dari smart travelling untuk para tamu diimbau tidak membiarkan pintu kamar terbuka lama. Hal ini sering terjadi pada tamu rombongan yang menginap di kamar terpisah. Membuka pintu terlalu lama dapat menarik perhatian tamu lainnya untuk mengetahui isi kamar kamu. 

 

9. Tidak Menghormati Staff Hotel

Ilustrasi Receptionist Hotel / Foto: Pexels.com / Andrea Piacquadio

Ketika menginap, kamu harus menghormati staff hotel karena petugas sudah memberikan pelayanan yang baik. Seperti, meninggalkan kamar dalam keadaan rapi saat check out, hal ini dapat meringankan beban staff hotel karena sudah merapikan banyak kamar.

Di samping itu tidak ada salahnya jika kamu memberikan sedikit tip untuknya. 

 

 

10. Mengundang Tamu Tambahan

Ilustrasi Tamu Tambahan saat Menginap di Hotel / Foto: Pexels.com / Faruk Tokluoğlu

Setiap hotel memiliki ketentuan jumlah tamu yang menginap. Jika kamu ingin mengajak tamu tambahan sebaiknya infokan kepada pihak resepsionis sejak pertama kali check in. Jika kamu nekat membawa tamu tambahan, maka akan dikenakan denda. 

Itulah sepuluh aturan yang harus diperhatikan ketika kamu menginap di hotel. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)